Akreditasi Bukan Tujuan, Tapi Proses: Prodi S-1 Pendidikan Kimia FMIPA UNY Mantapkan Komitmen Mutu

Yogyakarta, 19–20 Mei 2025 — Program Studi Sarjana (S-1) Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalani Asesmen Lapangan (AL) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu eksternal. Bagi Prodi Sarjana (S-1) Pendidikan Kimia, akreditasi bukanlah tujuan akhir, melainkan proses penting untuk meneguhkan budaya mutu yang adaptif dan berkelanjutan.
Asesmen dilakukan secara langsung oleh dua asesor LAMDIK Prof. Dr. Ahmad Mudzakir, M.Si. (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Prof. Dr. Muharram, M.Si (Universitas Negeri Makassar). Keduanya melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Laporan Evaluasi Diri (LED), Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), serta proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Prodi S-1 Pendidikan Kimia.

Program Studi Prodi S-1 Pendidikan Kimia FMIPA UNY memanfaatkan momentum asesmen ini sebagai wahana untuk melakukan introspeksi dan evaluasi secara menyeluruh, khususnya dalam meninjau efektivitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu yang harus berlangsung secara sistematis dan berkesinambungan. Seluruh pemangku kepentingan dilibatkan secara aktif dalam proses ini—mulai dari dosen, mahasiswa, alumni, hingga pengguna lulusan—sebagai bagian dari pendekatan evaluatif yang berorientasi pada umpan balik.
Kaprodi S-1 Pendidikan Kimia, Prof. Dr. Antuni Wiyarsi menyampaikan bahwa seluruh proses asesmen merupakan bentuk evaluasi kolektif terhadap capaian dan strategi peningkatan yang telah direncanakan. “Kami tidak melihat asesmen sebagai penilaian semata, melainkan sebagai ruang belajar bersama, sekaligus penguat semangat dalam menjaga kualitas secara sistemik,” jelasnya.
Dalam asesmen ini, para asesor juga berdialog langsung dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Mereka meninjau proses pembelajaran, laboratorium, kegiatan kemahasiswaan, serta implementasi dokumen mutu secara riil.
Dengan pelaksanaan asesmen ini, Prodi S-1 Pendidikan Kimia FMIPA UNY mempertegas posisinya sebagai program studi yang konsisten menumbuhkan budaya mutu internal, sekaligus terbuka terhadap masukan untuk perbaikan berkelanjutan. Akreditasi bukanlah titik akhir, melainkan bagian dari proses dinamis menuju keunggulan institusional yang berdampak