Skip to main content

Prodi di FMIPA Berhasil Mendapatkan Hasil Unggul dari Konversi Akreditasi Internasional ASIIN ke LAMDIK dan LAMSAMA

Lamdik

Kado Akhir Tahun FMIPA diberikan oleh dua Prodi di Jurusan Pendidikan Kimia yaitu S1 Kimia berhasil konversi menjadi unggul dan S3 Pendidikan Kimia berhasil terkakreditasi dengan status baik sekali. Hal ini merupakan bentuk komitmen FMIPA untuk terus meningkatkan mutu.

Pada tahun 2022 terdapat 4 program studi yang berhasil konversi baik dari lamdik maupun dari lamsama. Program Magister Pendidikan Kimia, Program Sarjana Pendidikan Kimia, dan Program Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA UNY berhasil mendapatkan peringkat akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Sedangkan Program Sarjana Kimia mendapatkan peringkat akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA). Akreditasi Unggul keempat prodi tersebut merupakan penyetaraan akreditasi internasional ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics). Penyetaraan akreditasi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Akreditasi berlaku sejak 20 Juli 2022 sampai 30 September 2025.

Dr. Syukrul Hamdi selaku ketua Unit Penjaminan Mutu mengungkapkan bahwa konversi akreditasi dari Akreditasi Internasional ke LAMDIK merupakan konversi pertama di lamdik sebelum regulasi baru diterapkan. Beberapa perguruan tinggi negeri yang akan konversi studi banding ke FMIPA UNY karena selalu gagal untuk mendapatkan hasil konversi sehingga hasil ini patut disukuri dan bagian dari komitmen UPM FMIPA untuk terus menjaga mutu yang dibuktikan dengan Akrditasi Unggul dari Program Studi. Smoga tahun 2023 semua Prodi di FMIPA dapat terakreditasi Unggul baik melalui konversi ataupun langsung pengajuan ke lembaga akreditasi mandiri.