Skip to main content

Kegiatan Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FMIPA UNY Di Universitas Airlangga

Kegiatan Benchmarking

Penjamu FMIPA - Pada hari Selasa, 13 September 2022, Ketua Penjaminan Mutu FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd. bersama rombongan melakukan benchmarking dan studi banding dengan Univeristas Airlangga (Unair). Benchmarking diikuti oleh Komisi E Senat UNY, Ketua LPMPP dan jajarannya, serta Ketua UPM masing-masing Fakultas dan Pasca Sarjana di UNy. Pertemuan diselenggarakan di Ruang Rapat Pleno BALAIRUA (lt.4) Kantor Manajemen, Gedung Rektorat Kampus C, Universitas Airlangga.

Kegiatan benchmarking merupakan salah satu usaha peningkatan kualitas penjaminan mutu yang ada di lingkungan UNY. Universitas Airlangga dipilih sebagai tujuan karena sudah berada di urutan 369 dunia, serta memiliki 70 program studi yang telah terakreditasi internasional.

Berdasarkan studi banding ini, diketahui bahwa kunci sukses penjaminan mutu di level Universitas sampai program studi adalah dengan memanfaatkan sistem Penjamu Terintegrasi. Semua data yang diperlukan untuk proses penjaminan mutu dikelola secara terintegrasi sehingga mudah dalam mendapatkan data untuk keperluan akreditasi. Dari segi penyusunan standar, standar di UNAIR disusun berdasarkan acuan SN Dikti ditambah beberapa Perguruan tinggi di Luar Negeri. Standar juga disusun dengan mengakomodasi kriteria dari berbagai Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Selain itu, proses SPMI di UNAIR dilakukan melalui pembangunan budaya mutu, dikembangkan secara sistemik, hingga melibatkan auditor eksternal pada proses audit. Reward diberikan untuk program studi dan unit kerja yang terbaik. Hal ini menunjukkan suatu real supporting excellent terhadap badan penjaminan mutu.

Hasil studi banding yang diperoleh merupakan masukan berharga bagi pelaksanaan penjaminan mutu di FMIPA maupun di UNY secara keseluruhan. (E)