Skip to main content

Memperkuat Budaya Mutu, Prodi Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA UNY Jalani Asesmen LAMDIK

Asesmen Lapangan Akreditasi S1 Pendidikan Biologi

 

Yogyakarta, 21 April 2025 — Suasana akademik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tampak lebih dinamis pada awal pekan ini. Program Studi Sarjana Pendidikan Biologi tengah menjalani Asesmen Lapangan (AL) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang berlangsung selama dua hari, Senin hingga Selasa, 21–22 April 2025. Dua asesor hadir dalam asesmen ini, yaitu Dr. Eni Nuraeni, S.Pd., M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Prof. Dr. Dra. Dwi Wahyuni, M.Kes. (Universitas Jember).

Pembukaan asesmen dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tingkat universitas, kegiatan berlangsung di ruang rapat pimpinan Rektorat UNY, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya budaya mutu sebagai fondasi pengembangan akademik di UNY.

Dokumentasi

Di tingkat fakultas, asesmen dibuka oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Dadan Rosana. Beliau menyampaikan paparan terkait capaian Program Studi Pendidikan Biologi serta inovasi yang telah dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran berbasis kompetensi dan kebutuhan abad ke-21.

egiatan asesmen turut dihadiri oleh jajaran Direktorat Penjaminan Mutu, dekanat FMIPA, pimpinan Departemen Pendidikan Biologi, serta tim pengelola Program Studi. Kehadiran seluruh pemangku kepentingan ini menunjukkan sinergi kuat dalam upaya memperkuat kualitas akademik dan menciptakan ekosistem pembelajaran yang responsif terhadap tantangan global.

Selama asesmen, berbagai sesi diskusi digelar dengan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), tim penjaminan mutu fakultas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan. Sesi ini menjadi ruang refleksi terhadap capaian akademik, tata kelola program studi, hingga kinerja lulusan di dunia kerja.

Selain itu, asesor juga melakukan peninjauan langsung ke fasilitas pembelajaran, termasuk ruang kelas, laboratorium biologi, dan sarana pendukung lainnya. Observasi ini bertujuan memastikan kesesuaian sarana prasarana dengan standar pendidikan yang diharapkan.

Kegiatan asesmen lapangan ini masih berlangsung dengan lancar. Seluruh sivitas akademika Program Studi Pendidikan Biologi menunjukkan komitmen, keterbukaan, dan kesiapan dalam mendukung jalannya asesmen sebagai bagian dari upaya berkelanjutan meningkatkan mutu pendidikan.

Melalui asesmen ini, Program Studi Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA UNY berharap dapat memperoleh hasil terbaik, sekaligus memperkuat peran UNY dalam menghadirkan pendidikan biologi yang unggul, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman